Kekurangan Air Bersih Melanda, KOKAM luncurkan program KOKAM PEDULI

Kekurangan Air Bersih Melanda, KOKAM luncurkan program KOKAM PEDULI

Tembarak-Kemarau berkepanjangan yang melanda di beberapa daerah menyebabkan kekeringan dan kesulitan air bagi masyarakat. Termasuk yang terjadi di Desa Drono Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung. Kenyataan tersebut ternyata mengundang empati dari Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Tembarak-Selopampang untuk meringankannya.

Melalui program KOKAM PEDULI yang diusung oleh KOKAM Tembarak-Selopampang berupaya memberikan bantuan berupa Penyaluran Air Bersih kepada warga masyarakat terkena dampak kekurangan air bersih di Desa Drono. Penyaluran air bersih ini sudah dilaksanakan 2 kali dalam dua pekan terakhir dan

Penyaluran air bersih yang pertama Jum’at pagi (12/10/2018), difokuskan kepada rumah tangga yang sangat membutuhkan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan dan minum. Dua mobil tangki air 5000 L yang disediakan habis dengan segera dalam waktu singkat.

Pada penyaluran tahap yang kedua setelah sholat Jum’at (19/10/2018) 2 mobil tangki dikirimkan kembali ke Drono. Berbeda dengan penyaluran yang pertama, pada penyaluran yang kedua difokuskan pada masjid yang ada Drono. Ada 3 masjid yang mendapatkan bantuan air, dan sisanya diberikan kepada warga sekitar masjid.

Penyaluran yang kedua ini juga diberikan kepada Dusun Mirikerep Desa Bulan Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung setelah dari Desa Drono. Sama halnya dengan desa sebelumnya 2 mobil tangki 5000 L diperbantukan untuk mengisi tandon air yang sudah mengering dari beberapa hari terakhir.

“Kekeringan dan kesulitan air bersih dibeberapa tempat khususnya di Kecamatan Tembarak dan Selopampang menjadi keprihatinan sendiri bagi teman-teman KOKAM. Maka dari itu sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi tersebut KOKAM meluncurkan program KOKAM PEDULI, yang memberikan bantuan berupa air bersih kepada desa-desa di Tembarak-Selopampang. Tentunya ini bisa sedikit meringankan beban bagi warga yang kesulitan mendapatkan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari”, ungkap Agus Sofyan komandan KOKAM Tembarak-Selopampang.

Kegiatan pemberian bantuan ini juga mendapatkan apresiasi dari berbagai elemen, tidak terkecuali dari Pimpinan Cabang Muhamamdiyah Selopampang yaitu Zainal Mutaqin yang juga hadir saat penyaluran air bersih di Mirikerep.

“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh pihak-pihak yang turut serta membantu dalam penyaluran air bersih ini dari BPBD Kab. Temanggung, donator, rekan-rekan Pemuda dan  KOKAM Tembarak-Selopampang yang selalu sigap membantu sesama”, kata Setyo Budi, Divisi SAR KOKAM Tembarak-Selopampang.

“Bantuan ini sangat membantu kami warga Desa Mirikerep karena sudah beberapa hari sangat kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan dan minum, dan semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan dan KOKAM bisa memberikan manfaat bagi sesama”, ucap Bapak Sumijo Kepala Dusun (Kadus) Mirikerep.

 

Oleh Muhammad Thoriqul Ula (Ketua PCPM Tembarak-Selopampang, pengajar di Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhamamdiyah Tembarak Temanggung unit MTs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *